Pancarkan Kulit Cerahmu Dengan Cara Hidup Sehat

Pancarkan Kulit Cerahmu Dengan Cara Hidup Sehat

Cara Mencerakan Kulit – Bila berbicara tentang fungsi vitamin B yang mampu meningkatkan kesehatan kulit, kamu pasti sudah familiar dengan vitamin B3 atau disebut juga sebagai niacin. Manfaat vitamin B3 untuk kulit sudahlah teruji secara klinis dan dibuktikan oleh jurnal-jurnal ilmiah. Bahkan, banyak produk perawatan kulit dan kosmetik yang menggunakan vitamin ini sebagai salah satu bahan andalan.

Banyak juga hal menarik yang bisa kamu ketahui tentang salah satu jenis vitamin ini. Namun, sebelum membahas lebih dalam, ada baiknya kamu juga mengenal terlebih dahulu tentang vitamin B dan jenis-jenis lain dari vitamin ini serta manfaatnya untuk kesehatan tubuh.

Vitamin B merupakan salah satu jenis vitamin yang memiliki ragam jenis seperti vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, dan lainnya. Terlepas dari ragam jenisnya, semua vitamin B memiliki peranan untuk mengubah makanan menjadi energi dalam tubuh dan memastikan sel-sel berfungsi dengan baik.

Sel-sel tubuh pun dapat bekerja secara maksimal sehingga mampu meningkatkan metabolisme dan kinerja otak, memelihara jaringan tubuh, membuat sel darah baru, serta meningkatkan kesehatan kulit. Lantas, apa saja jenis-jenis vitamin B dan manfaat lainnya bagi kesehatan?

Jenis Vitamin B dan Manfaatnya

Secara keseluruhan, vitamin B terdiri dari delapan jenis berbeda dengan manfaat yang beragam bagi kesehatan tubuh. Di antaranya:

●      Vitamin B1 (Thiamin)

Vitamin ini mengubah karbohidrat menjadi energi dalam tubuh dan berperan penting untung metabolisme glukosa. Vitamin B1 juga berperan penting dalam fungsi jantung, saraf, dan otot sehingga dapat mencegah terjadinya komplikasi pada sistem otak, saraf, jantung, otot, usus, dan perut.

Pakar kesehatan pun menggunakan vitamin B1 untuk mencegah penyakit beri-beri, saraf, sistem pencernaan, dan gangguan jantung. Untuk merasakan manfaatnya, kamu bisa mendapatkan sumber vitamin B1 dari buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, daging, telur, beras, gandum, dan ragi.

●      Vitamin B2 (Riboflavin)

Riboflavin atau vitamin B2 dapat mengubah karbohidrat menjadi ATP atau adenosin trifosfat yang berfungsi sebagai penghasil energi yang penting bagi tubuh sekaligus penyimpan energi dalam otot. Sumber vitamin B2 dapat dengan mudah kamu temukan dalam produk susu, ikan, daging, jamur, ubi, labu, telur, alpukat, dan asparagus.

●      Vitamin B3 (Niacin)

Salah satu fungsi vitamin B3 yang paling dikenal adalah untuk meningkatkan kesehatan kulit. Manfaat vitamin B3 untuk kulit bisa kamu dapatkan dari berbagai produk kecantikan yang menggunakan vitamin ini sebagai salah satu bahannya. Sedangkan untuk kesehatan tubuh, vitamin ini mampu membentuk energi yang dihasilkan dari lemak dan protein. Selain itu, vitamin B3 juga mampu membantu menurunkan kolesterol, mencegah peradangan, dan oksidasi.

●      Vitamin B5 (Asam Pantotenat)

Fungsi vitamin B5 yaitu dapat memecah karbohidrat dan lemak serta menjadikannya sebagai energi. Meskipun dianggap sebagai jenis vitamin B yang kurang dikenal, vitamin B5 memiliki fungsi yang tak kalah baiknya. Vitamin ini mampu menyehatkan organ tubuh, mata, kulit, dan hati. Selain itu, vitamin B5 mampu mengubah makanan menjadi glukosa, menghasilkan sel darah merah, membentuk hormon seks dan meredakan stres, serta mensintesis kolesterol.

●      Vitamin B6 (Pyridoxine)

Penting bagi sistem saraf pusat, vitamin B6 mampu memproduksi neurotransmitter serotonin dan norepinefrin serta membantu proses pembentukan mielin. Selain itu, vitamin B6 juga membantu meningkatkan kinerja otak serta produksi hemoglobin atau sel darah merah yang menjaga kesehatan kelenjar getah bening, limpa, dan timus.

●      Vitamin B7 (Biotin)

Vitamin ini dibutuhkan untuk menghasilkan energi yang didapat dari karbohidrat, protein, dan lemak. Bila mengonsumsi vitamin ini, metabolisme tubuh kamu akan meningkat juga. Vitamin B7 bisa kamu dapatkan bila mengonsumsi kacang-kacangan, biji-bijian, dan daging merah.

●      Vitamin B9 (Folate)

Sayuran, kacang-kacangan, buah-buahan, dan telur merupakan sumber vitamin B9 yang bisa kamu konsumsi untuk membentuk sel darah putih dan merah di sumsum tulang. Vitamin ini juga mampu mengubah karbohidrat menjadi energi serta menghasilkan RNA dan DNA. Vitamin B9 dianggap penting untuk menunjang pertumbuhan khususnya bagi ibu hamil, bayi, dan remaja.

●      Vitamin B12 (Cobalamin)

Vitamin yang dapat meningkatkan kesehatan jaringan saraf dan fungsi otak serta membantu pembentukan sel darah merah dan mengatur DNA. Sumber makanan yang kaya akan vitamin B12 di antaranya ikan, daging, unggas, telur, dan produk susu.

 

Mengenal Vitamin B3

Dari delapan jenis vitamin B di atas, vitamin B3 adalah jenis yang paling dikenal manfaatnya untuk kesehatan kulit. Namun, selain untuk kesehatan kulit, jenis vitamin ini juga penting untuk kesehatan tubuh khususnya untuk mengatasi masalah kolesterol tinggi dan penyakit pellagra atau penyakit yang disebabkan oleh kekurangan niacin dan ditandai dengan gejala demensia, diare, dan iritasi kulit.

Dilihat dari cara kerjanya, vitamin B3 atau niacin merupakan jenis vitamin yang larut dalam air sehingga mudah diserap oleh tubuh. Karena termasuk dalam kelompok vitamin B kompleks, peranan niacin sama pentingnya untuk menyehatkan kulit, mental, dan pencernaan. Dari bentuknya sendiri vitamin ini memiliki dua jenis, yaitu niacin dan niacinamide. Niacin sendiri merupakan suplemen yang dapat diolah menjadi niacinamide bila terdapat kadar niacin yang terlalu tinggi dalam tubuh.

 

Manfaat Vitamin B3 untuk Kesehatan Tubuh

Fungsi vitamin B3 bukan hanya untuk meningkatkan kesehatan kulit saja, tapi juga untuk menutrisi tubuh dan menjaganya agar tetap sehat. Berikut ini beberapa manfaat vitamin B3 untuk kesehatan tubuh yang perlu kamu ketahui:

●      Menambah Nafsu Makan

Tidak sedikit orang yang memiliki nafsu makan rendah meskipun mereka tidak sakit. Padahal tubuh memerlukan nutrisi yang cukup untuk meningkatkan imunitas. Untuk mengatasi ini, ahli kesehatan biasanya merekomendasikan vitamin B3 sebagai vitamin penambah nafsu makan sekaligus penambah stamina.

●      Menyembuhkan Diare dan Pembengkakan

Bila kamu mengalami diare, coba deh mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin B3. Jenis vitamin B ini juga dikenal sebagai jenis vitamin yang dapat mengatasi masalah pencernaan agar kembali berfungsi dengan baik. Saat mengonsumsi niacin, metabolisme kamu akan meningkat sehingga mampu mengatasi berbagai masalah pencernaan dan melawan benda asing yang masuk dalam tubuh. Fungsi lain dari vitamin ini yaitu dapat menyembuhkan pembengkakan khususnya di area tubuh yang sangat rentan.

●      Menurunkan Kolesterol

Penderita kolesterol tinggi disarankan untuk mengonsumsi vitamin B3 setiap hari. Vitamin ini mampu membunuh kolesterol jahat sekaligus meningkatkan kolesterol baik yang penting untuk tubuh. Bila mengonsumsi vitamin ini sebanyak 1100 gram per hari, maka tubuh mampu melawan kolesterol jahat. Selain itu, vitamin ini juga dapat mencegah penebalan plak pada dinding arteri.

●      Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Penyakit jantung bisa disebabkan oleh beberapa faktor seperti tingginya kadar trigliserida, penumpukan plak pada arteri, kepadatan lipoprotein yang rendah dalam darah, dll. Namun, bila tubuh mendapat asupan niacin atau vitamin B3 yang cukup, pemicu munculnya penyakit jantung dapat diminimalisir.

●      Mencegah Diabetes

Bila kadar gula dalam darah melebihi batas yang dianjurkan, kamu bisa terkena penyakit diabetes. Untungnya bila tubuh mendapatkan asupan vitamin B3 yang cukup, kamu bisa terhindar dari penyakit ini. Niacin juga mencegah insulin untuk melepaskan sel-selnya sehingga sensitivitas insulin akan semakin meningkat.

●      Merawat Sendi

Masalah yang umum dialami sendi akan teratasi dengan memberikan tubuh asupan vitamin B3 yang cukup. Dengan begitu, sendi pun akan terhindar dari risiko penyakit seperti arthritis atau osteoarthritis.

●      Mencegah Kanker

Tidak berbeda dengan jenis vitamin lainnya, fungsi vitamin B3 juga mampu menangkal radikal bebas dan mencegah tumbuhnya sel-sel kanker. Kandungan antioksidannya tentu akan menjaga tubuh kamu sehat dari serangan radikal bebas pemicu kanker sekaligus meningkatkan imunitas tubuh.

●      Mengatasi Migren

Vitamin B3 dapat menstabilkan siklus konstriksi pada pembuluh darah yang terdapat pada otak dan sekitarnya. Vitamin ini akan memberikan efek silatasi sehingga pembuluh darah dapat berfungsi secara normal. Dengan begitu, kamu pun akan terhindar dari serangan migren.

 

Setelah mengetahui manfaat vitamin B3 atau niacin untuk kesehatan tubuh, pastikan kamu memenuhi asupan vitamin ini per harinya ya! Dengan begitu kamu pun mampu menghindari masalah kesehatan yang diakibatkan kurangnya asupan niacin.

 

Manfaat Vitamin B3 untuk Kulit

Selain untuk kesehatan tubuh, berikut ini berbagai manfaat vitamin B3 untuk kulit yang perlu kamu ketahui agar terhindar dari berbagai masalah kulit dan menjaganya agar tetap sehat.

●      Memberikan Efek Cerah

Fungsi vitamin B3 yang satu ini sangat dikenal para pemerhati kecantikan. Jenis vitamin ini dianggap mampu mencerahkan warna kulit dengan mencegah pertumbuhan melanin penyebab kulit menggelap. Kandungan antioksidannya pun dapat mencegah kulit menyerap radikal bebas dan mengembalikan kesehatan kulit.

●      Melawan Penuaan Dini

Bila  memberikan asupan vitamin B3 pada kulit, kamu akan terhindar dari risiko penuaan dini. Hal ini dikarenakan salah satu fungsi vitamin B3 yaitu merangsang produksi kolagen pada kulit dan meningkatkan elastisitasnya.

●      Mengecilkan Pori-pori

Ingin pori-pori wajah tampak lebih kecil? Gunakan saja produk kecantikan yang mengandung vitamin B3. Senyawa dalam vitamin ini dapat menyeimbangkan produksi sebum sehingga pori-pori tampak lebih kecil.

●      Mengurangi Kemerahan

Zat anti-inflamasi dalam vitamin B3 berfungsi untuk mengurangi ruam atau kemerahan pada kulit. Penyebab kulit kemerahan atau ruam bisa terjadi karena berbagai sebab, di antaranya polusi, debu, udara, atau penggunaan produk perawatan kulit yang tidak cocok. Maka dari itu, untuk mengurangi kemerahan pada kulit, kamu bisa memanfaat fungsi vitamin B3 ini.

●      Memperbaiki Lapisan Kulit

Manfaat vitamin B3 untuk kulit lainnya yaitu dapat memperbaiki lapisan kulit melalui produksi ceramide di membran sel kulit. Dengan meningkatnya produksi ceramide, kelembaban kulit akan terjaga dan lapisan kulit pun akan lebih sehat.

 

Manfaat vitamin B3 untuk kulit sudah dikenal oleh banyak masyarakat khususnya pemerhati kecantikan. Itu sebabnya kamu tidak akan sulit kok menemukan berbagai produk perawatan kulit yang mengandung jenis vitamin ini. Bila rutin digunakan, pasti deh kamu akan merasakan berbagai manfaat yang baik untuk kesehatan kulit kamu.

 

Makanan yang Mengandung Vitamin B3

Selain diaplikasikan ke kulit melalui produk kecantikan, vitamin B3 juga perlu dikonsumsi agar manfaatnya terasa oleh tubuh. Lantas apa saja sih makanan yang kaya akan vitamin ini?

●      Jamur

Dalam 100 gr jamur terkandung 3,6 mcg vitamin B3. Maka dari itu jamur termasuk dalam makanan yang kaya akan jenis vitamin ini. Namun tidak semua jenis jamur bisa kamu konsumsi karena beberapa di antaranya mengandung racun yang berbahaya bagi tubuh.

●      Ikan Tuna

Mengonsumsi 3 ons tuna yang diolah dengan cara dibakar atau dipanggang sama dengan memberikan tubuh asupan vitamin B3 sebanyak 18,7 mcg. Itu artinya tubuh telah mendapatkan asupan harian yang cukup dari vitamin tersebut, yaitu sekitar 14-16 mcg per hari.

●      Kacang-kacangan dan Biji-bijian

Kacang tanah, almond, dan biji mustard merupakan sedikit contoh dari jenis makanan dalam kategori ini. Per onsnya, kacang tanah mengandung 3,8 mcg vitamin B3 sedangkan kacang almond mengandung 0,95 mcg niacin per 3 ons. Untuk biji mustard, kandungan niacin yang dimiliki setiap takaran 1 sdm adalah 0,9 mcg.

●      Susu

Selain mengandung vitamin B3 yang baik untuk tubuh, kalsium dalam susu juga dapat menguatkan tulang serta mencegah osteoporosis. Kombinasi nutrisi ini akan membuat tubuh sehat dan terhindar dari tulang keropos.

●      Dada Ayam

Bila mengonsumsi daging ayam tanpa kulit yang dibakar sebanyak 150 gram, kamu sudah memberikan tubuh asupan 33 mcg vitamin B3. Dengan jumlah tersebut, kamu pun telah memenuhi kebutuhan asupan niacin per harinya.

●      Daging Sapi

Per 4 ons daging sapi mengandung 9,25 mcg vitamin B3. Meskipun kandungan niacin-nya tidak sebanyak dada ayam, tidak ada salahnya mengonsumsi daging ini untuk variasi menu lain.

●      Telur

Kuning telur mengandung 0,004 mcg vitamin B3 sedangkan putih telur mengandung 0,035 mcg per butirnya. Mengonsumsi telur juga baik untuk mempertahankan kesehatan jantung.

●      Mangga

Jenis buah ini tidak hanya mengandung vitamin E, vitamin C, vitamin A, dan beta karoten, tapi juga vitamin B3. Untuk satu buah mangga berukuran sedang terdapat niacin sebanyak 1,5 mcg.

 

Dengan mengkonsumsi vitamin yang mencukupi tapi tidak dibarengi dengan produk yang mendukung untuk memaksimalkan kulit sehat serta bercahaya. Seperti halnya produk body lation yaitu Belight Brightening Body Serum yang memiliki kandungan niacinamide lebih banyak daripada produk lainnya. Hal ini mampu mencerahkan secara maksimal.

BELIGHT Brightening Body Serum berperan untuk membantu mencerahkan kulit, melindungi kulit dari sinar matahari dan menjaga kelembaban kulit agar tetap sehat. Dengan aroma mewah yang menyatu dalam produk sehingga memberi sensasi yang luar biasa saat digunakan.

TRIPLE FORMULA PREMIUM DARI BELIGHT BRIGHTENING BODY SERUM

VITAMIN C & E
Mempu mencerahkan kulit, menjaga kesehatan kulit, menghaluskan kulit dan menenangkan kulit yang iritasi

ANTIOKSIDAN
Memberikan perlindugan dari radikal bebas, Kandungan anti-oksidannnya membuat kulit lebih kuat, sehat, dan terlihat lebih glowing.

UV FILTER
Menjaga kulit dari efek buruk sinar matahari dan memberi perlindungan terbaik sehingga membuat kulit lebih cerah

MANFAAT TERBAIK DARI BELIGHT BRIGHTENING BODY SERUM

  • Membantu mencerahkan kulit badan kusam atau belang.
  • Menjaga kelembaban alami kulit sehingga kulit tampak cerah merona (Glowing) sepanjang hari.
  • Mengandung UV-Filter untuk melindungi kulit dari pengaruh buruk radiasi sinar matahari.
  • Membantu mencegah tanda-tanda penuaan dini seperti garis-garis halus dan flek hitam (hiperpigmentasi).
  • Membantu proses regenerasi sel kulit untuk memulihkan bekas gigitan serangga, dan bekas luka menggelap – (Post-inflammatory Hyperpigmentation).
  • Membantu memudarkan flek hitam.
  • Membantu memudarkan garis-garis halus dan bekas luka.
  • Menjadikan Warna kulit badan cerah merata dan mulus

BELIGHT BODY SERUM (1)

BELIGHT BRIGHTENING BODY SERUM menggunakan formula yang aman untuk kulit dengan dosis komposisi yang sudah disesuaikan dengan standar BPOM serta kondisi kulit dan cuaca Indonesia. Tidak hanya sebagai perawatan kulit yang baik, BELIGHT Brightening Body Serum juga bisa digunakan sebagai bentuk perhatian dan kepedulian kepada sesama.

Kandungan Utama dalam Komposisi Belight Brightening Body Serum

  • Vitis Vinifera Extra
  • Niacinamide
  • Prunus Serrulata Flower Extra
  • Collagen
  • Alpha Arbutin
  • Glutathione
  • UV Filter
  • Aloe Vera Extract

Netto 150ml BPOM NA18200107463

Ciptakan rutinitas perawatan kulit yang lebih baik, lebih aman, dan lebih efektif, dengan produk perawatan kulit badan dari Belight Brightening Body

Order di sini ya

Dapatkan Belight Brightening Body Serum Sekarang juga :

atau Konsultasi terlebih dahulu dengan Tim CS kami

Contact Detail

©2021 Belight